Dua Puluhan Aplikasi Android Ini Dapat Bikin Baterai Telpon Pintar Lekas Habis

Peneliti keamanan telah menemukan sekumpulan aplikasi Android yang mendorong kecurangan iklan. Software jahat tersebut bisa meniru bermacam model seperti pengguna terus mengeklik iklan online serta dapat menguras baterai.

Penyedia anti-virus, Sophos, telah menerbitkan laporan yang menemukan 22 aplikasi Android berisi berbagai malware. Aplikasi itu berasal dari beraneka pengembang kecil, tapi Google telah menghapusnya dari Play store di akhir November lalu.

Seluruh aplikasi itu secara kolektif telah didownload lebih dari dua juta kali di Google Play store. Salah satu aplikasi tersebut yakni, Sparkle Senter, yang sudah didownload lebih dari satu juta kali serta banyak di antaranya mempunyai ulasan yang kuat. Cek juga info perihal informasi teknologi.

Aplikasi bakal menghubungi server penyerang pengendali umum, untuk mengunduh modul ad-fraud serta mereka akan mendapatkan instruksi dari server tiap 80 detik. Profesi malware yaitu membuka jendela yang nol piksel x 0 piksel dalam ukuran, dan sebab itu tidak terlalu mencolok oleh pengguna.

Ini akan dilanjutkan ke klik berulang kali pada iklan, membikin angka jaringan dan menciptakan pendapatan yang didapatkan dengan curang. Tidak ada jaringan iklan spesifik yang mungkin memperoleh manfaat dari pembohongan diidentifikasi.

Padahal pengguna mungkin tak ingin berpartisipasi dalam penipuan ini sebab alasan apa pun, konsekuensi lantas bagi siapa pun yang mengunduh aplikasi ini yakni data dan masa gunakan baterai mereka terus-menerus habis. Pun kalau aplikasi ditutup paksa, mereka secara otomatis mulai lagi di background.

Google tak merespon permintaan untuk komentar yang dikirim oleh Gizmodo. Pengguna Android mesti memeriksa daftar aplikasi hal yang demikian serta memastikan mereka tak menjalankan aplikasi yang menguras baterai, berikut aplikasi tersebut: Sparkle Senter, Snake Attack, Math Solver, ShapeSorter, Take A Trip, Magnifeye, Join Up, Zombie Killer, Space Rocket, Neon Pong, Just Flashlight, Table Soccer, Cliff Diver, Box Stack, Jelly Slice, AK Blackjack, Color Tiles, Animal Match, Roulette Mania, HexaFall, HexaBlocks, PairZap.